Derita pencari peluang usaha di Internet

I don't Like MLMGw nih sebetulnya punya usaha warnet. Namun sejalan dengan berangsurnya kehancuran negara Indonesia kita ini, orang² semakin bingung mau mencari peluang usaha apa.

Nah, biasanya yang paling mudah terlintas dipikiran mereka adalah dengan cara mengekor usaha tetangganya. Menjadi siangan bisnis kemudian dengan bodohnya pemain baru membanting dan menghancurkan keseimbangan harga pasaran dengan alasan “ah itukan wajar, namanya juga kita sama² bersaing cari rezeki” (iya,..tapi dengan cara² yang tak beretika, licik serta tengik!). Padahal tanpa disadari hal itu akan melahirkan persaingan bisnis yang tidak sehat dan hanya akan menghancurkan masa depan para pelaku bisnisnya. Yah, begitulah… mungkin memang sudah menjadi sikap dan mental masyarakat kita, salah satu sifatnya adalah kanibal.

Kita semua menyadari bahwa di setiap lini usaha memang ada batu sandungannya, tapi keadaan ekonomi negara seperti sekarang membuat batu sandungannya semakin jadi raksasa. Akhirnya banyak pengusaha yang sudah sejak lama menjalankan usahanya pun banyak yang terkapar juga.

Setelah jadi semakin bingung, gw sambil iseng, lagi² mencoba mencari keberuntungan dengan mengetikkan beberapa kata pada om Google seperti peluang usaha, dunia usaha, usaha sampingan, usaha di internet, bisnis internet, dan beberapa kata sebangsa dan se tanah air nya. Tapi lagi² apa yang gw temukan ?!

kebohongan MLMAh,… Sial! Internet sudah semakin tercemar dengan bisnis affilate, referral atau MLM dan sejenisnya yang menurut gw nggak karuan juntrungannya dan tak ada gunanya sama sekali (ini pendapat gw pribadi loh yah,… maaf bagi yang tidak sependapat silakan telan pendapat anda sendiri)

Intinya, iklan² dari bisnis semacam affiliasi, referral, MLM dan sebagainya telah membuat orang² yang mencari informasi tentang peluang usaha dengan menggunakan fasilitas google menjadi sengsara. Google dipenuhi dengan iklan² sampah dan bisnis² tak berguna. Sampai pada titik ini, gw merasa semakin pusing saja dibuatnya. Tadinya gw bermaksud ingin mencari pencerahan serta ide² cemerlang tentang apa saja jenis usaha yang bisa gw geluti selain bisnis warnet gw yang keliatannya sebentar lagi akan tergusur persingan kanibalisme. Malah kini justru jadi mau muntah liat tulisan² dilayar monitor gw. Dahsyat!

Coba bayangkan saja (gimana gw ga mau muntah kalau begini) dengan hanya menjual omongan kosong, bermodal ketololan kadang ada juga yang berhasil menjual mimpi² bodohnya kepada teman²nya dengan embel² slogan Bisnis Hebat, Bisnis Dahsyat, Bisnis Heboh (emangnya mau goyang dangdutan coy? heboh?) sementara barang yang dijual juga kadang tidak jelas, dan masyarakat juga sering kali tertipu pola money game atau permainan uang yang berkedok bisnis seperti MLM pulsa. Gilanya lagi ada ulama yang berhasil ditipu juga menghalalkan bisnis money game mereka.

Sekarang, tetangga gw yang punya banyak downline di bisnis MLM pulsa yang kemaren sempat booming di kota Bandung ini (…sekarang udah tenggelam ditelan bumi kayanya), setelah jalan kurang lebih 3 bulan mulai bilang “bisnisnya kelaut! cape deeeh…” dan gw bilang , “gw kan udah pernah bilang kalo bisnis yang macam begituan memang bisnis bullshit!” Sungguh menyedihkan, membosankan dan memuakkan!

Jangan ikut²an bermimpi. Anda hanya akan menjadi bulan² pendirinya saja. Setelah downline nya jenuh dan tak berjalan lagi, pendirinya bakal bikin program sejenis dengan nama yang baru lagi,.. (tapi dia nya udah kaya raya sementara anda masih saja naik motor kreditan) besoknya malah jangan² anda akan kembali lagi terperosok kedalam lubang yang sama, ikut²an coba cicip muntah kucing yang sama. Sungguh bodoh bukan?

stop MLMKesimpulannya, bagi anda yang merasa masih bisa berfikir, gw hanya bisa sarankan agar bisnis semacam affiliate, referral, MLM dan bisnis yang berselogan lebay kaya bisnis dahsyat lah, heboh lah, apa lah dan sejenisnya itu jangan diteruskan lagi. Mulailah dengan memikirkan jenis usaha yang nyata² saja.

Hentikan sekarang juga jika anda sedang menjalankannya agar otak kita bersih dan fikiran kita jernih. Dengan berkurangnya orang yang bisa ditipu bisnis semacam ini mudah²an om Google juga menjadi bersih dan berkualitas lagi pada sektor keyword peluang usaha, dunia usaha, bisnis internet dan lain sebagainya!

Internet bebas dari iklan bisnis MLM adalah dambaanku karena sudah terbukti bertahun² kalau bisnis semacam ini adalah bisnis yang sangat cepat jadi sampah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: